Foto : Rahayu Nofiani
Malam mulai larut, hari sudah menunjukan pukul 8 malam, Hand Phone berbunyi, setelah melakukan pembicaraan panjang ternyata penelpon sedang terkena musibah. Ada salah satu anggota keluarganya sedang memerlukan darah segar akibat turunnya hemoglobin.

Saya yang kenal dengan beberapa teman yang kebetulan sama darah yang diminta penelpon tadi, dengan niat membantu saya coba menghubungi teman saya tersebut dan disepakati akan bersedia mendonorkan darah tersebut setelah selesai pekerjaan.

Tak terasa waktu berjalan dan pukul sudah menunjukan pukul 10.30 malam, hand phone ku berbunyi dan ternyata yang nelpon adalah teman yang mau mendonorkan darah tadi,

Teman : Boy belum tidok ke
Saye : Belum ngantok, ade ape
Teman : PMI dah tutup ke
Saye : Tutup gimane
Teman : Tadi saye Ke PMI Kota Pontianak tapi pintunye tutup
Saye : Agek keluar bentar kali, tunggu jak dulu
Teman : Tutup bang , sudahlah saye balek dulu, besok pagi kalau saye sempat saye singgah lagi.
Saye : ok lah bang, nantek saye cobe cari tau, kenapa jam segini sudah tutup.

Sekilas percakapan saya dengan teman yang mendonorkan darah, selepas itu saya pun mencari tahu kenapa hal itu terjadi, dan ternyata memang ada kebijakan untuk batas waktu donor sampai jam 10 malam walaupun belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Selaku warga masyarakat mungkin terbersit suatu kekecewaan dimana yang dulunya pelayanan unit donor darah atau UDD 24 jam sekarang dibatasi sampai pukul 10 malam.

Yang jadi pertanyaan utama pada saat warga memerlukan darah segar dengan batasan waktu yang terbatas siapa yang bertanggung jawab jika suatu saat terjadi apa-apa dengan korban. Pelayanan tanpa batas itu kami perlukan, semoga Pelayanan UDD PMI kota Pontianak kembali ke jadwal semula.

Semoga semua dari kita dijauhkan dari penyakit dan ALLAH beri kita semua kemudahan dengan cara-NYA.


Post A Comment:

0 comments: