Kalimantan Barat dengan Sungai Kapuas masih menyimpan banyak sekali misteri. Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.143 km, mengalir dari Kapuas Hulu sampai dengan Kabupaten Kubu Raya dengan melewati beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat. Jelas sebagai sungai terpanjang di Indonesia pasti memiliki ratusan spesial ikan air tawar.

Bagarius Yarelli begitu kita memanggilnya, termasuk spesia purba dan terancam Punah. Bagarius yarelli adalah ikan jenis catfish dia memiliki nama lain Giant Devil Catfish, Goonch, Pla Kaey, Sand Shark. Karena sudah terancam kepunahan dan merupakan kategori ikan Purba, ikan ini sangat banyak di buru oleh angler-angler lokal maupun dunia untuk meningkatkan nilai prestise.

Belum banyak angler yang dapat strike dengan ikan jenis itu dan menjadi bukti bahwa nilai Bagarius menjadi komoditi perburuan angler-angler dunia. Hingga kini keberadaan bagarius masih menjadi mistreri, dimanakah koloni ini berada, atau memang sudah punah dengan sendirinya.

Foto diatas memberi bukti bahwa Bagarius masih ada di perairan Sungai Kapuas - Kalimantan Barat sehingga saya sangat memberi rekomendasi kepada anda tetap menjadikan Kalimantan Barat menjadi daerah perburuan Bagarius. Lokasi ditemukan Bagarius di Kalimantan Barat terletak di Kabupaten kapuas Hulu, Kecamatan kalis, Dusun Rantau Bun bun (hulu sungai  Batang mandai.

Pertanyaan utama kenapa harus menjadikan kalimantan menjadi tujuan dalam perburuan bagarius ? jawabannya sangat sederhana : Karena keramah tamahan penduduk Kalimantan tidak akan bisa ditemukan di tempat lainnya di dunia, selain itu teman-teman bisa menjadikan hampala dan semah sebagai alternatif perburuan.

Jadi masih mikir untuk berburu Bagarius di tempat lain? Saya sangat memberi rekomendasi Kalimantan Barat tetap menjadi pilihan anda dalam berburu Bagarius. Dan jelas saya bisa memberi rekomendasi kepada anda guide yang sangat mengenal medan dalam perburuan Bagarius yaitu Apri   ( hp 08115712696 ).

Selamat berpetualang di Kalimantan Barat

Species Name: Bagarius yarrelli (Sykes, 1839)
Common Names: Devil Catfish, Goonch, Sand Shark
Synonyms: Pimelodus yarrelli
Family: Sisoridae 
Order: Siluriformes
Class: actinopterygii

Foto Dok : Apri
Lokasi     : Kabupaten kapuas Hulu, Kecamatan kalis, Dusun Rantau Bun bun (hulu sungai  Batang mandai.

Mohon tidak menggunakan foto tanpa izin dengan alasan komersial


Post A Comment:

0 comments: