ASAL MULA SANDAL
Konon jauh di negeri sebrang, hidup lah seoranh raja yang sangat arif dan bijaksana. Suatu ketika sang raja ini berkeliling kerajaannya, kali ini dia memutuskan untuk berjalan kaki.

Baru beberapa  meter keluar dari istana, kaki sang paduka raja pun mulai kesakitan karena cadasnya batu dan salah satu kakinya terantuk batu besar dan besar dan berdarah, dalam hati sang raja berkomentar, sungguh jelek sekali jalan-jalan di negeriku, aku harus memperbaikinya.

Setelah kejadian itu, sang paduka raja mengumpulkan pembesar-pembesar kerajaan dan menyampaikan keluhannya, dan dalam pertemuan tadi d simpulkan, semua jalan di negeri tersebut akan dilapisi dengan kulit kulit sapi. Dan akhirnya mereka melakukan persiapan-persiapan dengan mengumpulkan kulit-kulit sapi dari seluruh negeri.

Dalam persiapan tersebut datang seorang seorang buta, dia berharap bisa ketemu sang raja. Oleh pengawal istana, orang buta itu pun dihadapkan ke sang paduka raja. Didepan sang raja, orang buta itu pon berterima kasih, karena telah diberikan kesempatan bertemu sang raja. Dan bertanya kepada sang paduka, kenapa sampai mengumpulkan kulit-kulit sapi di seluruh negeri. Sang paduka pun menjawab, kulit-kulit tersebut akan menutupi jalan-jalan jelek di seluruh negeri.

Sang buta pun menarik nafas, dan kemudian berkata kepada sang paduka, bawa paduka tak perlu melapisi seluruh jalan dengan kulit sapi, paduka hanya memerlukan beberapa potong kulit sapi saja untuk melindungi kaki sang paduka.

Setelah itu mulailah dibuat pelapis telapak kaki yang konon sekarang kita menyebutnya dengan nama sandal.

Post A Comment:

0 comments: