Saban nak lebar, masyarakat pasti bekalot pasal barang naek, yang salah sebenarnye sape, konsumen, produsen, distributor atau pemerintah?

Kalau konsumen saye rase ndak mungkin salah, sebagai end user kite pasti membeli apepen yang maok kite beli asalk duet ade. Lagak sikit lah soalnye habes terima thr, habes terima thr jgn lupa zakat ye, biar harte kite berkah.

Apakah produsen yang salah, kalau saye bilang, kecil sekali . Produsen tahu akan akan harus memproduksi banyak dan sedikit. Ape lagi kalau dah lebar, pasti semua bersaing saing dan momentum untuk peningkatan omset, kate orang buah taon.

Ape distributor yang salah, bise jak distributor yang salah, ketika prasarana tak menunjang, ndak ade kapal yang merapat, aek laut tak pernah pasang, atau hal-hal teknis lainnya. Jadi salahnya distributor itu kalau kite tengok bukan kesalahan sorang.

Jadi sape yang salah? Bise jadi penimpun, bise jadi para pemasok, tapi nantek dulu kite berpikir.

Saye akan kasih sedikit ilustrasi tentang salah satu kebutuhan pokok yang agek terjun bebas tanpa pengawalan.

Gula di awal Ramadhan dalam kondisi normal, dengan kisaran harga 14.000-15.000 per kg. Saye bilang normal karena bertahan sangat lama. Sekarang gule ade yg tahu berape, syukur2 ade yang jual. Kalau pon ade saye kire berada di kisaran 17.000-18.000.

Jangan tanya ngape mahal, kite lihat sorang ngape sampai gule mahal. Tapi jangan nyalahkan aku pula ye.

Jadi begini....
Harga gula sebenarnya dalam harga normal normal saja di kisaran 15.000 - 16.000 perkilo, kuantitas nya juga cukup memadai. Ketika Disperindag mengeluarkan Paket Kebijakan Gule Murah yaitu dengan Harge 12.500, sedikit demi sedikit harge gule di pasar mulai naik.

Kok bisa, padahal gula murah yang dikeluarkan sangat murah dari harga yabg dikeluarkan oleh agen atau pemasok gula. Aneh bin ajib pula, Pemerintah padahal ngeluarkan gula murah, tapi dipasar gule jadi mahal.

Singkat cerite ternyata Gula Pemerintah neh ndak masok pasar, cuma masok lewat2 bazar murah. Maksud hati untuk membantu masyarakat akan tetapi berbuah petaka dgn kenaikan harga Gula. Selidik punye selidik, ternyate, para pelaku pasar enggan menjual gula lantaran perbedaan harga yang didapatinya dengan yang dikeluarkan Pemerintah, dan Pemerintah sendiri tidak maksimal dalam mendistribusikan gula murah ini kepada masyarakat, jadi lah ceritenye gule agak langka sehingge memaksa harge gule agak tinggi. Ingat hukum suply dan demand.

Kite berharap antara Pemerintah ade komunikasi terhadap harge gule. Bukan ape, karene harge yg sangat jauh membuat pedagang gule enggan menjual gule, karena takot rugi, kalau sampai mereke tetap berjualan gule dengan harga 14.000 - 15.000 dan disaat itu Pemerintah memaksimalkan distribusi gule, mampos lah penjual gule, dagangan mereke ndak laku.

Jadi sekali lagi, Pemerintah harus memaksimal Gula Murah atau mematok harga gula murah sama dengan harga pasar atau komunikasi lah dengan para pedagang gula.

Semoga harga gula cepat stabil

Post A Comment:

0 comments: