JUJUR DAN BERANI

Disebuah negeri hiduplah seorang raja , raja tersebut telah memasuki usia senja dan ingin mencari penerus penggantinya. Dia tidak mengangkat anak-anaknya dan juga kerabat terdekatnya. Lalu sang raja mengadakan sayembara dan mengumpulkan seluruh pemuda yang ada di negerinya.

Sayembara raja sangat sederhana, dia menyerah kan sebuah biji dan berpesan kepada seluruh pemuda agar menanamnya dan merawatnya, bagi yang memiliki tanaman yang paling subur dan segar akan diangkat menjadi raja.

Akhirnya seluruh pemuda itu pon melaksanakan titah sang raja dalam sayembara itu. Amin adalah salah satu pemuda yang ikut serta dalam sayembara itu, dengan semangat nya dia menyirami benih tadi, namun benih itu belum juga tumbuh. Sebulan berlalu belum juga tumbuh. Setelah enam bulan belum juga tumbuh. Melihat pot Amin yang kosong para pemuda di negeri itu mulai membicarakan tanaman mereka yang tinggi dan subur, namun Amin tak memperdulikan mereka, Amin pun tetap menunggu bijinya tumbuh walau tak tumbuh - tumbuh.

Setelah waktu yang ditetapkan, maka seluruh pemuda di negeri itu mendatangi istana dan membawa tanaman mereka yang tumbuh subur. Amin yang sebelumnya takut ke istana akhirnya memberanikan diri ke Istana dengan membawa pot kosong miliknya.

Sang Raja memuji hasil tanaman pemuda di negerinya. Ternyata tanaman yang mereka bawa bukan main indahnya. Sang Raja berkata : aku akan menunjuk Raja baru untuk negeri ini"

Sang Raja pun menunjukan Amin dan mengangkat Amin menjadi raja, bagaimana mungkin orang yang gagal bisa menjadi raja. Ternyata setahun yang lalu, sang raja telah memberikan biji yang telah dimasaknya kepada semua pemuda, bagaimana mungkin biji atau benih yang dimasak bisa tumbuh. Dan kalian semua telah mengganti biji ini dengan yang lain. Dan hanya Amin lah yang menanam biji ini dan dengan berani membawa dan menunjukkan kepada ku. Karena itulah ku angkat menjadi raja

Post A Comment:

0 comments: